Pertama Digelar, BSI International Expo 2024 Cetak Transaksi Rp2,4 Triliun

June 24, 2024

BRIEF.ID – BSI Internasional Expo 2024 yang baru pertama digelar pada 20-23 Juni 2024, berhasil mencetak realisasi transaksi lebih dari Rp2,4 triliun.

Hal itu, disampaikan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi, saat menutup gelaran BSI International Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (23/6/2024).

Menurut Hery, realisasi transaksi selama berlangsungnya BSI International Expo 2024 tersebut melampaui target awal yang dipatok sebesar Rp1 triliun.

Tak hanya itu, BSI International Expo 2024 juga sukses menjaring lebih dari 52.000 pengunjung, jauh melampaui target awal sebanyak 20.000 pengunjung.

“BSI International Expo 2024 sukses mencetak realisasi transaksi dan pengunjung yang jauh melampaui target. Selama ini belum pernah ada perbankan syariah yang menyelenggarakan event expo sebesar dan sesukses ini,” kata Hery.

Dia mengungkapkan, BSI International Expo 2024 juga sukses menjadi ajang yang menghubungkan para pelaku ekosistem halal di Indonesia dan dunia.

Business matching yang dilakukan di sela-sela expo tersebut telah mempertemukan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional dengan para calon mitranya di luar negeri.

Sebanyak 63 kesepakatan bisnis dengan total nilai US$17,62 juta atau sekitar Rp288,93 miliar telah dicapai dari rangkaian kegiatan business matching antara para pelaku UMKM lokal dengan potential buyers dari 20 negara, termasuk Mesir, Saudi Arabia, Filipina, UAE, dan Lithuania.

Menurut Hery, capaian tersebut sesuai dengan semangat “Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem” yang diusung BSI International Expo 2024.

Hal ini juga menegaskan komitmen BSI untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem halal dari hulu ke hilir, mulai dari sisi pembiayaan, penyelenggaraan expo, hingga business matching.

“Kami membuat tema ini karena kita tahu potensi Indonesia di Halal Value Chain besar, mungkin lebih dari Rp5.000 triliun. Hanya saja tidak ada yang connecting the dot. Jadi hari ini adalah sejarah baru bagi perbankan syariah di Indonesia, kita menyambungkan titik-titik ini,” tutur Hery.

Dengan pencapaian tersebut, Hery pun mengaku bangga BSI International Expo 2024 berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat mencapai tujuannya sebagai halal expo.

BSI International Expo 2024 yang merupakan pameran ekosistem keuangan syariah dan halal lifestyle berskala internasional pertama di Indonesia itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Repbulik Indonesia KH Ma’ruf Amin.

Selama 4 hari, BSI International Expo 2024 telah menjadi wadah pameran bagi 270 tenant dari 21 kategori. Gelaran expo ini juga menghadirkan 47 seminar, talkshow, workshop dan kajian terkait pengembangan ekosistem halal.

“Ini adalah event pertama yang dilaksanakan BSI dalam kaitan milad ke-3. Dan ini adalah event pertama yang grand, yang besar, untuk perbankan syariah di Indonesia. Alhamdulillah acara ini berjalan melampaui ekspektasi,” ungkap Hery.

No Comments

    Leave a Reply