Lemkapi Ungkap Capaian Polri, Periode 2023-2024

June 30, 2024

BRIEF.ID – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah memperoleh  sejumlah capaian besar,  pada periode 2023-2024.

“Capaian besar Polri itu meliputi pengamanan Pemilu 2024, pengamanan mudik Lebaran, hingga sukses dalam pengamanan ajang internasional Word Water Forum (WWF) yang dihadiri banyak kepala negara dunia di Bali,” kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan di Jakarta, Minggu (30/6/2024), dalam rangka  Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara pada Senin, 1 Juli 2024.

Ia mengatakan,  selama periode Juli 2023 hingga Juli 2024, kinerja dan profesional Polri terus disorot masyarakat dan kemampuan Polri dalam menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban terus diuji.

“Saat ini berbagai terobosan terus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, mulai program menyerap aspirasi masyarakat melalui program  Jumat Curhat dan Minggu Kasih, peningkatan pelayanan publik di berbagai bidang dan melakukan bhakti sosial di seluruh Indonesia, ” kata Edi.

Selain itu,  kata dia, Polri telah melakukan penegakan hukum yang tegas dan berkeadilan termasuk memberantas kejahatan lintas negara, judi daring (online), kejahatan siber, perdagangan manusia dan pemberantasan narkoba.

“Semua itu membuat posisi Polri terjaga baik di mata masyarakat. Bahkan hasil penelitian Litbang Kompas pada Juni 2024 menempatkan Polri pada posisi kedua sebagai lembaga yang berhasil menjaga citranya dengan baik dengan angka 73,1% setelah institusi TNI,” katanya.

Edi juga berharap dengan capaian Polri ini tidak membuat Polri berpuas diri tapi justru terus meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya dan semakin dicintai masyarakat.

Di sisi lain Edi Hasibuan mengamati bahwa keluhan masyarakat atas pelayanan Polri masih kerap terdengar atau penegakan hukum masih ada yang dikeluhkan. Lemkapi juga secara khusus mengajak seluruh jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerja dan profesional menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi).

“Polri pasti bisa. Kita dukung Polri semakin baik menuju Polri yang Presisi,” kata pengajar pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta yang saat ini menjadi anggota Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) 2024 ini.  

No Comments

    Leave a Reply