Kader Sepakat Zulhas Kembali Nakhodai PAN

June 29, 2024

BRIEF.ID – Semua pengurus Partai Amanat Nasional (PAN), baik tingkat pusat maupun daerah, sepakat agar Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas menakhodai PAN untuk ketiga kalinya. Kongres PAN yang belum ditentukan waktunya disebut tinggal mengetuk palu atau mengukuhkan posisi Zulkifli.

Sebanyak 17 pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN menyerahkan pernyataan dukungan bermeterai secara langsung ke Zulhas di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-4 PAN di Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Secara keseluruhan, Zulhas telah menerima dukungan dari 38 DPW tingkat provinsi dan 514 dewan pimpinan daerah (DPD) tingkat kabupaten/kota.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, Rakernas kali ini menghasilkan beberapa ketetapan yang bersifat internal. Salah satunya meminta Zulhas kembali memimpin PAN periode selanjutnya. Ini berdasarkan aspirasi dan kepentingan subjektif partai beserta seluruh kader.

”Ini adalah aspirasi yang dilakukan secara sadar, ikhlas, berdasarkan kepentingan untuk menjadikan PAN lebih maju, lebih besar, lebih tambah kursi di pemilu selanjutnya. Itu hal yang penting,” kata Viva saat konferensi pers di sela Rakernas.

Saat Rakernas berlangsung, para kader yang hadir pun kerap meneriakkan ”Zulkifli Hasan Lanjutkan.” Zulhas yang berdiri di podium tampak tersenyum. Ia juga berkelakar ada sesuatu yang diincar kader saat mendukungnya jadi Ketua Umum PAN lagi.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto pun berpandangan dukungan tertulis dari 17 DPW kian mengukuhkan posisi Zulhas untuk menjadi Ketua Umum PAN lagi. Bahkan, ia menyebut Kongres PAN mendatang tinggal mengetuk palu kesepakatan pengukuhan posisi Zulhas.

Secara terpisah, Zulhas menuturkan, usulan kader merupakan suatu kehormatan sekaligus beban karena menjadi tanggung jawab besar. Saat ditanya waktu pelaksanaan Kongres PAN, ia belum bisa memastikan.

”Waktu yang tepat. Ya, pokoknya nanti, tunggulah. Yang jelas, teman-teman minta saya lagi,” kata Zulhas. (Kompas.id)

No Comments

    Leave a Reply