Tri Suci Waisak 2024, Biksu Thudong Jalan Kaki dari Thailand ke Candi Borobudur Selama Setahun

May 22, 2024

BRIEF.ID – Perayaan Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 yang dipusatkan di Candi Borobudur akan dihadiri para biksu Thudong. Sebanyak 32 orang biksu Thudong  telah tiba di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah setelah melakukan ritual jalan kaki dari Thailand selama setahun.

Pada perayaan Tri Suci Waisak, yang akan digelar  Kamis, 23 Mei 2024, para  biksu itu akan  dilibatkan dalam  rangkaian  perayaan Tri Suci Waisak,  di antaranya pengambilan Api Dharma di Mrapen, Jawa Tengah.

Panitia Pelaksana Puja Pengambilan Api Abadi Mrapen, Gunawan mengatakan, para biksu Thudong adalah  perwakilan majelis Buddha Thailand. Mereka akan berbaur bersama ratusan masyarakat Buddha untuk memanjatkan doa dan ritual dalam pengambilan api Dharma.

“Kita menyaksikan para biksu Thudong,  perwakilan majelis Buddha,  dan masyarakat Buddha melakukan ritual,  dengan membaca Paritta sebelum mengambil Api Dharma,” kata  Gunawan mengutip laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, Rabu (22/5/2024).

Ia mengatakan, pada Rabu (22/5/20240,  para Bhikkhu  juga akan mengambil air suci di Umbul Jumprit, Temanggung.

“Pada Bhikkhu Thudong  akan berada di Indonesia  hingga puncak perayaan Waisak 2568 BE,” jelas Gunawan.

Rangkaian kegiatan Hari Tri Suci Waisak diawali  karya bakti ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di seluruh Indonesia, pada 5 Mei 2024. Selanjutnya pada 17 – 23 Mei 2024, dilaksanakan  berbagai kegiatan  di Candi Borobudur dan sekitarnya.

No Comments

    Leave a Reply