KOCCA Selidiki Dugaan Manipulasi HYBE di Grafik Chart BTS

May 22, 2024

BRIEF.ID – Badan Konten Kreatif Korea (KOCCA) di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, melakukan penyelidikan atas dugaan manipulasi tangga lagu BTS oleh HYBE.

Fair Coexistence Center for Music KOCCA, yang menangani laporan manipulasi tangga lagu BTS, telah mengonfirmasi penyelidikan kasus itu telah dimulai, pada Selasa (21/5/2024).

Pengaduan mengenai manipulasi tangga lagu BTS sebelumnya diajukan ke Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, dan kemudian dialihkan ke KOCCA.

Dengan dimulainya penyelidikan terkait dugaan manipulasi tangga lagu BTS, KOCCA berencana meminta tanggapan dari HYBE.

KOCCA mempunyai wewenang untuk meminta data dari penyedia layanan musik dan menyerahkan laporan ke Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata setelah ditinjau oleh panel penasihat. KOCCA juga dapat meminta kerja sama dari lembaga peradilan atau investigasi jika diperlukan.

Anak perusahaan HYBE, Big Hit Music, menyatakan tuduhan manipulasi tangga lagu, manipulasi pemasaran, plagiarisme konsep, hubungan dengan aliran sesat, dan klaim lain telah menodai reputasi BTS.

“Semua tuduhan itu salah, dan kami telah berulang kali mengklarifikasi bahwa tidak ada aktivitas seperti itu,” bunyi pernyataan Big Hit Music, seperti dikutip Allkpop, Rabu (22/5/2024).

HYBE, agensi yang membawahi boyband K-Pop terkenal, BTS, juga dengan keras membantah tuduhan tersebut, dan menyebut banyak tuduhan ditujukan kepada BTS namun tidak terbukti. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply