KKP Uji Coba Starlink di Kapal Pengawas

May 22, 2024

BRIEF.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan uji coba jaringan internet berbasis satelit, Starlink milik Elon Musk di kapal pengawas yang beroperasi di sekitar perairan Arafura.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan hasil uji coba tersebut cukup memuaskan, karena jaringan internet dapat diterima di wilayah laut dengan baik.

“Ini menarik kan karena di laut ya, dan setelah uji coba di kapal pengawas itu hasilnya bagus, jaringan internetnya diterima dengan baik,” kata Sakti Wahyu Trenggono, disela-sela peluncuran International Tropical Seaweed Research Center (ITSRC), di Kabupaten Badung, Bali, Rabu (22/5/2024).

Menurut dia, penggunaan Starlink yang merupakan jaringan internet berbasis satelit tersebut juga membantu Kapal Pengawas (KP) Paus 01 mengamankan Kapal Ikan Asing (KIA) yang menjadi buronan sejak satu bulan di WPPNRI 718 Laut Arafura.

“Kemarin kami menangkap kapal yang mencuri ikan, KM Run Zeng 3 yang di Laut Arafura, karena dibantu dengan jaringan internet Starlink,” ujar Trenggono.

Dia menjelaskan, penggunaan Starlink untuk kapal pengawas fokus pada komunikasi dan video, sejauh ini keamanan data pada kapal terpantau aman, sehingga untuk sementara akan terus digunakan.

Meski demikian, Trenggono mengakui harga dari perangkatnya mahal, sehingga belum dapat digunakan lebih luas untuk nelayan.

“Masalahnya kalau di kapal-kapal nelayan kecil kan perangkatnya tergolong mahal. Itu salah satu yang kami lagi minta untuk mungkin perangkatnya bisa lebih murah,” ungkap Trenggono.

Seperti diketahui, Starlink milik resmi diluncurkan Elon Musk dan Presiden Joko Widodo, pada Minggu (19/5/2025) secara simbolis di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Denpasar, Bali.

Pemerintah akan memasang perangkat Starlink di puskesmas pembantu terutama di daerah terpencil dengan jaringan internet yang kurang memadai agar mempercepat pengiriman data kesehatan.

No Comments

    Leave a Reply