Ayatollah Ali Khamenei  Pimpin Shalat Jenazah Mendiang Presiden Raisi dan Rombongan

May 23, 2024

BRIEF.ID – Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran, Ayatollah Ali Khamenei  memimpin shalat jenazah mendiang Presiden Ebrahim Raisi dan rombongan, pada Rabu (22/5/2024). Shalat jenazah dilakukan dalam suatu upacara di Universitas Teheran, sebelum prosesi pemakaman di ibu kota.

Warga Iran, kepala pemerintahan, dan pejabat militer ikut berpartisipasi dalam prosesi itu.

Lebih dari 40 delegasi asing tingkat tinggi akan berpartisipasi dalam upacara Rabu sore, untuk memperingati mati syahidnya Presiden Raisi dan rombongannya di Teheran.

Di antara peserta asing tersebut, terdapat kurang lebih 10 delegasi setingkat kepala negara, hampir 20 delegasi setingkat menteri, dan sisanya di berbagai tingkatan seperti ketua parlemen, utusan khusus, dan lain-lain.

Para prajurit membawa jenazah mendiang Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raisi

Sebelumnya, helikopter yang ditumpangi Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, Imam Sholat Jumat Tabriz Mohammad Ali Ale-Hashem, dan Gubernur provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati jatuh di daerah pegunungan di wilayah Varzaghan, yang menyebabkan mereka tewas.

Rombongan tersebut kembali dari upacara pembukaan bendungan di perbatasan Iran dengan Republik Azerbaijan pada Minggu (19/5/2024). Dua pengawal, dua pilot, dan seorang awak pesawat juga tewas dalam insiden tersebut.

Para kepala negara serta tokoh agama, dan sejumlah kelompok perlawanan menyatakan belasungkawa atas meninggalnya pejabat tinggi Iran. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply