KONI Pastikan Aceh dan Sumatera Utara Siap Gelar PON XXI Tahun 2024

October 10, 2023

BRIEF.ID –  Wakil Ketua Umum (Waketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Soewarno memastikan bahwa Provinsi Aceh dan Sumatera Utara siap menggelar pesta olahraga nasional (PON) XXI Tahun 2024 yang akan digelar pada 5-19 September 2024.

Sebagai tuan rumah, pemerintah di dua provinsi itu juga sedang merenovasi dan mempersiapkan  pembangunan venue menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Di Aceh dalam waktu dekat itu nanti akan dibangun 13 venue renovasi dan 1 venue dayung untuk pembangunan baru. Yang mengerjakan PUPR, sehingga kami yakin semuanya itu akan selesai paling lambat Juli akhir atau Agustus tahun depan, pasti akan siap,” ujar Soewarno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Soewarno berada di Istana dalam rangka menghadiri rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka persiapan  penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

Selain renovasi 13 venue, kata Soewarno, terdapat juga sejumlah venue di Aceh yang kini direnovasi menggunakan APBD. PON XXI Tahun 2024 akan mempertandingkan 65 cabang olahraga.

Sementara itu,  sarana yang sedang dikerjakan di Provinsi Sumatera Utara, antara lain renovasi stadion madya untuk atletik dan venue untuk cabang olahraga bela diri  di Desa Sena, Deli Serdang.  Saat ini,  sedang berlangsung  babak kualifikasi PON untuk sejumlah cabang olahraga.

“Dilihat dari dua kesiapan ini, tidak ada alasan untuk PON tidak dilaksanakan. Dan, kita yakin bahwa PON akan dilaksanakan tahun depan,” kata Soewarno.

No Comments

    Leave a Reply