Dua Bos Kadin Pimpin Tim Kampanye Pilpres 2024,Yukki Nugrahawan: Posisi Kadin Netral

October 31, 2023

BRIEF.ID – Pelaksana Tugas Harian  (Plt) Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi menghormati keputusan  Rosan Perkasa Roeslani dan Arsjad Rasjid dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Kadin Indonesia  bersikap netral pada Pilpres  2024 mendatang.  Saya  sampaikan bahwa posisi Kadin Indonesia sampai saat ini netral,” kata  Yukki saat memberikan keterangan pers  di Menara Kadin, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Rosan adalah Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021 dan Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia periode 2021-2026, memutuskan untuk menerima posisi sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju  yang mengusung pasangan bakal capres Prabowo Subianto dan bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Keputusannya  itu juga menggiring  Rosan untuk mengundurkan diri dari jabatannya di pemerintahan selaku Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Sementara itu, Arsjad yang  menjabat Ketua Umum Kadin Indonesia,  periode 2021-2026 memutuskan  cuti sementara dari jabatannya untuk  menerima posisi sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan bakal capres  Ganjar Pranowo dan bakal cawapres Mahfud MD.

Keputusan Arsjad dinilai sebagai  keputusan independen dan tidak ada kaitannya  dengan posisi  Kadin Indonesia sebagai organisasi pengusaha nasional.

Ia juga mengapresiasi keputusan Arsjad  untuk cuti sementara dari Ketua Umum Kadin Indonesia agar tidak terjadi  konflik kepentingan dalam Pilpres 2024.

“Berdasarkan AD ART Kadin, kita tidak harus melakukan itu. Jadi saya mengapresiasi keputusan Pak Arsjad. Ini bisa menjadi contoh yang baik,” jelas Yukki.

Pada kesempatan itu, Yukki secara khusus mengimbau jajaran anggota Kadin di tingkat pusat maupun daerah untuk menjalankan hak politiknya sebagai tim sukses pasangan calon tertentu,  dengan catatan tidak melibatkan nama Kadin.

Clear, ya. Jadi,  kalau teman-teman melihat saya seperti itu, tolong ingatkan saya. Saya ingin Kadin makin  baik kedepan dan tetap netral,” kata Yukki.

No Comments

    Leave a Reply