Museum Nasional Terbakar, Menteri Nadiem Makarim: Prioritas Utama  Selamatkan Artefak

September 17, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan, penyelamatan artefak dan benda-benda bersejarah di Museum Nasional pasca kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam menjadi prioritas utama.

“Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini,” kata Nadiem dalam konferensi pers di Museum Nasional, Jakarta, pada Minggu (17/9/2023) dini hari.

Ia mengatakan telah berkoordinasi untuk membentuk tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian serta aparat pemadam kebakaran untuk memastikan pencatatan kerusakan benda-benda bersejarah di Museum Nasional.

“Juga bisa kita amankan bagi yang bisa diamankan,” ujar dia.

Ia menegaskan, satu hal penting yang menjadi prioritas utama adalah keamanan struktural dari gedung-gedung dan ruangan yang terbakar.

“Jadi saat ini belum bisa masuk, kita ke dalam untuk melakukan inventarisasi dari barangbarang tersebut karena dari aparat pemadam kebakaran belum disebut aman, yang penting adalah keamanan nomor satu,” kata Nadiem. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply