Presiden Jokowi:Batik Adalah Wajah dan Kehormatan Indonesia

August 2, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan, batik adalah wajah Indonesia yang kini telah membuka jutaan lapangan kerja. Kepala Negara secara khusus memberikan apresiasi kepada para pengrajin, desainer, dan pemakai batik yang dinilai konsisten merawat budaya adiluhung Indonesia itu.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada para pengrajin batik, desainer batik, dan pemakai batik yang selama ini terus berkreasi menciptakan serta memproduksi dan menggunakan batik sebagai karya adiluhur bangsa kita Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Gelar Batik Nusantara di Senayan Park (Spark), Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Hadir pula Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ibu Wury Ma’ruf Amin. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pada acara bertema “Batik,Bangkit! Keindahan Karya Batik Indramayu” diselenggarakan Yayasan Batik Indonesia (YBI), Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa posisi batik sangat istimewa, tidak saja karena keindahan, tetapi juga karena makna-makna filosofinya.

“Batik adalah wajah kita. Batik adalah kehormatan kita. Dan, melalui batik tercipta lapangan kerja yg sangat banyak,” katanya.

Disebutkan, jutaan orang bekerja di industri batik di dalam negeri sehingga memberikan penghasilan dan kehidupan.

“Tadi, sudah disampaikan Menperin nilai dan perputaran dari industri batik ini. Dan, saya melihat setelah pandemi ini insya Allah kenaikannya akan lebih tinggi lagi,” ujar Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply