Hari Ini, Presiden Jokowi Lantik Rosan Perkasa Roeslani Sebagai Wamen BUMN

July 17, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini akan melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Upacara pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta, pada sekitar pukul 09.00 WIB.

“Ya, saya akan dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN,” kata Rosan saat dihubungi Brief.id, pada Selasa (17/7/2023).

Rosan yang menjabat Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS), sejak tahun 2021 dipanggil Presiden Jokowi untuk mengisi posisi Wamen BUMN yang ditinggalkan Pahala Mansury. Pahala dikabarkan akan menjabat Wakil Menteri Luar Negeri yang lowong sejak ditinggalkan Mahendra Siregar, yang dilantik sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada 20 Juli 2022.

Sebelum menjabat Dubes, Rosan dikenal sebagai ketua umum Kadin Indonesia, periode 2015-2020. Presiden Jokowi juga pernah mempercayakan Rosan sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Omnibus Law dan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin.

Selain Rosan, Presiden Jokowi juga akan melantik Budi Arie Setiadi, sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi Arie adalah Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), salah satu kelompok relawan terbesar yang mendukung Jokowi sejak 2014 lalu. Ia kini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

Posisi yang ditinggalkan Budi Arie akan digantikan Paiman Raharjo. Ia saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Moestopo, periode 2022-2027.

Pejabat lainnya yang akan dilantik adalah Wakil Menkominfo Nezar Patria dan anggota Wantimpres Djan Farid.

No Comments

    Leave a Reply