Presiden Jokowi: Indonesia Hargai Kedaulatan Semua Negara

June 14, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia  menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua negara di dunia.

“Kita ini jelas ya sejak awal jelas dan sampai sekarang tidak berubah, bahwa Indonesia sangat menghormati kedaulatan dan teritorial integrity—integritas teritorial dari negara lain, semua negara, tetap dan tidak akan berubah,” kata  Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers   di Kantor Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Jakarta,  Rabu (14/6/2023).

Pernyataan  itu disampaikan Presiden Jokowi sebagai respons mengenai proposal perdamaian Ukraina-Rusia yang disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Presiden menyatakan  bahwa apa  yang disampaikan  Prabowo  sebatas usulan dalam dialog, bukan di tingkat perundingan kenegaraan.

“Bukan usulan dalam sebuah forum kenegaraan atau forum perudingan enggak loh, itu seminar, itu dialog, bahwa ada usulan-usulan boleh aja, bagus-bagus aja,” kata Presiden Jokowi.

Ia  berharap  perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina akan segera berakhir. “Itu juga yang saya sampaikan ketika bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan juga Presiden Putin, yang kedua kita ingin perang itu segera selesai,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply