Event Ekonomi Kreatif Juli-November 2023  

June 13, 2023

BRIEF.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan event  ekonomi kreatif yang akan digelar di Indonesia, pada Juni hingga November 2023.

Mengutip laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Selasa (13/6/2023), ada pun event  yang akan digelar  dari berbagai subsektor ekonomi kreatif, yaitu acara musik, pertunjukan seni, fesyen, hingga pameran produk kriya menjadi daya tarik wisatawan Nusantara hingga mancanegara untuk  berkunjung ke Indonesia.  Berikut daftarnya.

ARTJOG 2023

Salah satu event sektor ekonomi kreatif yang paling dinantikan pada  Juni 2023.  ARTJOG adalah  pameran yang memadukan  beberapa subsektor ekonomi kreatif, yang terdiri atas seni rupa, seni pertunjukan, kriya, dan musik.

ARTJOG 2023 akan  digelar pada 30 Juni hingga 27 Agustus 2023 di Jogja National Museum, dengan mengusung tema “Motif: Lamaran”.

ARTJOG 2023 juga  menaungi para seniman lintas generasi dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari seniman anak hingga seniman muda dan senior, bisa memamerkan produk atau karya originalnya, namun dengan proses seleksi yang ketat. ARTJOG 2023  menampilkan  tur kuratorial, pertemuan dengan seniman, peluncuran buku, lokakarya, hingga kegiatan untuk anak-anak.

JAKARTA FAIR

Jakarta Fair adalah pameran terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara yang diselenggarakan  dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta,  pada tanggal 22 Juni 2023.

Tahun ini, Jakarta Fair 2023 akan digelar pada 14 Juni hingga 16 Juli 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair 2023 akan menampilkan berbagai produk  industri kreatif Indonesia, yang dibalut  entertainment selama pameran berlangsung, mulai dari pesta kembang api, parade, pertunjukan kesenian, hingga konser dari para musisi top Indonesia.

Pertunjukan tari tradisional

INDONESIA COMIC CON

Bagi penggemar  budaya populer, seperti komik dan gim, Indonesia Comic Con  menjadi  surga. Kegiatan  ekonomi kreatif ini akan diselenggarakan pada 23-25 Juni 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B, Jakarta Pusat.

Indonesia Comic Con menggabungkan beberapa subsektor ekonomi kreatif, seperti subsektor pengembang permainan; penerbitan; aplikasi; hingga film, animasi dan video. Di Indonesia Comic Con Sobat Parekraf akan menemukan berbagai budaya populer, mulai dari komik, cosplay, action figure, hingga rilisan gim-gim terbaru.

INDO LEATHER & FOOTWEAR

Event sektor ekonomi kreatif yang tak kalah menarik  adalah Indo Leather & Footwear, yang  akan diselenggarakan pada  3-5 Agustus 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran subsektor fesyen bertaraf internasional ini akan menampilkan produk-produk dari para pengrajin kulit terbaik di Indonesia.

Pameran ini akan diikuti oleh 110 peserta dengan target 5.000 pengunjung dari beberapa negera, seperti Tiongkok, Hong Kong, dan India. Pada pameran ini, pengunjung akan disuguhi  aneka produk fesyen pria dan wanita, yang terdiri atas  sepatu, jaket kulit, aksesori berbahan kulit, hingga menyaksikan  langsung teknologi cara pembuatan sepatu kulit.

INACRAFT

Disebut sebagai pameran ekonomi kreatif subsektor kriya terbesar di Indonesia, tahun ini INACRAFT digelar sebanyak dua kali. Pertama, pada Maret 2023 dan selanjutnya  pada 2-6 Oktober 2023 di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta dengan mengusung tema “From Smart Village to Global Market.”

INACRAFT atau International Handicraft Trade Fair adalah pameran kriya terbesar di Asia Tenggara, yang menghadirkan produk ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia. Mulai dari kain batik, tenun, aksesori, sepatu, hingga furnitur rumah tangga.

KUSTOMFEST

Bagi pecinta modifikasi pasti sudah tidak asing dengan event yang menampilkan deretan motor dan mobil-mobil keren satu ini: KUSTOMFEST. Event tahunan salah satu festival custom culture terbesar di Indonesia ini akan digelar pada tanggal 7-8 Oktober 2023 di Jogja Expo Center Hall.

KUSTOMFEST merupakan event kolaborasi antara subsektor pertunjukan musik dengan seluruh pelaku industri kreatif custom culture Indonesia dan global. Salah satu misi dari KUSTOMFEST menjadi mesin  penggerak lahirnya generasi dan karya baru sebagai  identitas custom culture di Indonesia.

KONSER COLDPLAY

Event ekonomi kreatif subsektor musik paling ditunggu-tunggu tahun ini adalah konser Coldplay di Jakarta. Rencananya,  konser ini akan diselenggarakan pada  13 November 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Chris Martin cs untuk pertama kalinya memasukkan Indonesia ke dalam salah satu negara yang dikunjungi dalam rangkaian tur dunia bertajuk  “Music of the Spheres World Tour 2023.” Rencana konser  ini  disambut antusiasme para penggemar musik Indonesia. Terbukti, tiket konser Coldplay sold out dalam waktu kurang dari 1,5 jam!

Diharapkan, dengan banyaknya event-event sektor ekonomi kreatif berskala internasional di Indonesia, dapat membantu tercapainya target 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru.

No Comments

    Leave a Reply