Pertambangan Nikel di Marowali Bukti Keberhasilan Kebijakan Hilirisasi

February 11, 2023

BRIEF.ID – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pertambangan di Kabupaten Marowali, Sulawesi Tengah menjadi bukti keberhasilan kebijakan hilirisasi dalam pengelolaan sumber daya alam.

“Ini adalah salah satu bukti keberhasilan kebijakan hilirisasi yang diterapkan pemerintah atas pengelolaan sumber daya alam kita,” kata Airlangga pada peletakan batu pertama proyek penambangan dan pengolahan nikel di Desa Sambalagi, Kabupaten Marowali, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (10/2/2023).

Peletakan batu pertama pembangunan pertambangan nikel di Marowali, ditandai penyekopan semen bersama yang dilakukan Airlangga, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Bupati Marowali Taslim, Presiden Komisaris PT Vale Deshnee Naidoo, dan CEO PT Vale Indonesia Febriany Eddy.

PT Vale Indonesia berinvestasi pada proyek pertambangan nikel berbasis rendah karbon dan terintegrasi ini senilai Rp 35,7 triliun.

Airlangga mengungkapkan, pertambangan nikel di Marowali adalah proyek strategis nasional sebagai  upaya pemerintah meningkatkan pemasukan fiskal.

Disebutkan, meski banyak negara yang menggugat di World Trade Organization (WTO) kebijakan hilirisasi sektor tambang, pemerintah tetap berkukuh menjalankan kebijakan itu agar nilai tambah yang diperoleh makin maksimal.

“Itu sudah menjadi tekad pemerintah,” tegas Airlangga.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura berharap pembangunan pertambangan Nikel di Marowali dapat cepat selesai sehingga dampaknya dirasakan masyarakat.

“Pemda juga perlu terlibat dalam proyek ini, baik dalam penyerapan tenaga kerja maupun pelibatan pelaku UMKM,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply