Pilkada Jakarta 2024, Cak Imin Tak Berniat Pasangkan Anies Baswedan – Sohibul Iman

July 1, 2024

BRIEF.ID – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan tidak berniat untuk memasangkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin mengungkapkan, apabila Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mengumumkan bakal mengusung Anies untuk  memasangkannya dengan Sohibul Iman,  maka itu hanyalah versi PKS. Sedangkan PKB memiliki versi sendiri terkait sosok pasangan Anies.

“Itu versi PKS kan, kami punya versi juga,” kata Cak Imin  di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Sejauh ini, dia mengatakan bahwa DPW PKB DKI Jakarta berencana untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Sebagai pimpinan pusat partai, dia mengaku mempertimbangkan hal tersebut.

Dikatakan,  pasangan Anies Bawesdan saat mengikuti Pilpres 2024  memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi di Jakarta sehingga Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu berpotensi menjadi calon terkuat yang  diusung PKB.

Namun, lanjutnya,  keputusan pasti tentang dukungan kepada Anies bakal diputuskan setelah menentukan calon wakil gubernurnya. Penetapan Anies Baswedan dan bakal calon wakil gubernur yang akan diusung PKB bakal melalui proses musyawarah dengan partai politik lain.

“Sampai hari ini, kita masih memantapkan siapa pasangan Anies,” kata dia.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat  PKS memutuskan mengusung pasangan Anies  Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024.

“Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply