Harga Alkes dan Obat Mahal, Presiden Perintahkan Menkes Lakukan Penyesuaian

July 2, 2024

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melakukan langkah-langkah konkret untuk menyesuaikan harga alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan di Indonesia agar setara dengan negara-negara tetangga.

Saat ini, harga alkes dan obat-obatan di Indonesia antara 3 hingga 5 kali lipat lebih mahal dibandingkan Malaysia.

“Bapak Presiden minta harga alkes dan obat itu disamakan dengan negara-negara tetangga. Kita harga alkes dan obat mahal, 3 kali bahkan 5 kali lebih mahal dibandingkan Malaysia. Ya,300 hingga 500% lebih mahal,” kata Menkes di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Menkes mengungkapkan, penyebab perbedaan harga yang sangat signifikan itu adalah inefisiensi dan tata kelola perdagangan yang tidak mumpuni sehingga berujung pada mahalnya alkes dan obat-obatan.

Menurut Menkes, Presiden juga berpesan agar industri alkes dan obat-obatan dalam negeri terus dibangun agar lebih tangguh.

” Kami memberikan  masukan, mungkin dari sisi jalur perdagangan kita ada inefisiensi serta tata kelola perlu lebih transparan dan terbuka, sehingga tidak ada peningkatan harga yang tidak perlu dalam pembelian alkes dan obat,” jelasnya.

No Comments

    Leave a Reply