TNI Siapkan 3 Unit Pesawat, Angkut Warga Palestina ke Indonesia

June 15, 2024

BRIEF.ID – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyiapkan 3 unit pesawat yang akan mengangkut warga Palestina yang menjadi korban luka-luka akibat perang untuk dirawat di Indonesia.

Untuk pesawat Boeing dapat menampung 41 crew, 86 penumpang dan logistik yang beratnya mencapai 10.000 kilogram. Sedangkan  pesawat Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan crew sebanyak 51 orang, dan tipe H sebanyak 55 orang.

“Pesawat-pesawat ini akan beroperasi untuk mengantar warga Palestina ke Indonesia agar dapat dirawat di rumah sakit milik TNI, yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman,” kata Agus dalam pemaparan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024).

Agus menjelaskan, tiga unit pesawat milik TNI AU, di antaranya Boeing-737 400/500,   Hercules C-130 tipe J, dan Tipe H.

Disebutkan, dua rumah sakit, yaitu RSPAD Gatot Soebroto dan RS Pangsar Soedirman dapat menampung pasien hingga 1.000 orang. Agus memastikan seluruh korban akan mendapatkan penanganan medis yang berkualitas.

Selain pengobatan medis, TNI   juga menyediakan petugas khusus untuk mengobati trauma para warga Palestina itu. TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirimkan ke Gaza berupa KRI yang akan menjadi rumah sakit apung, alutsista tambahan hingga bantuan logistik.

Agus memastikan bantuan tersebut akan dikirimkan jika gencatan senjata telah terjadi di Gaza dan  TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

No Comments

    Leave a Reply