TNI dan Bea Cukai Perkuat Kerja Sama Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia

June 7, 2024

BRIEF.ID – TNI dan Bea Cukai memperkuat kerja sama pengamanan dan pengawasan daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Hal itu, disampaikan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonzipur 5/Abw, Letnan Kolonel (Letkol) Czi Shobirin Setyo Utomo, di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (7/6/2024).

“Kami berkomitmen menjaga kedaulatan NKRI dan perekonomian masyarakat perbatasan,” kata Letkol Czi Shobirin.

Menurut dia, kerja sama dan sinergisitas dengan semua pihak termasuk Bea Cukai diperlukan untuk memperkuat pengamanan serta pengawasan terhadap bentuk tindak kejahatan yang berpotensi mengganggu keamanan wilayah perbatasan.

Dia berharap, kerja sama dan koordinasi antara Satgas Pamtas dan semua pihak terjalin dengan baik, demi kepentingan pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

“Sebagai pamtas yang baru, Yonzipur 5/Abw akan saling koordinasi dan bersinergi bersama Bea Cukai Nanga Badau dalam menjaga dan mengawasi sepanjang daerah perbatasan,” kata Letkol Czi Shibirin.

Dia menambahkan, kerja sama itu dilakukan seiring penugasan prajurit Yonzipur 5/Abw menggantikan Yonarmed 10/Bradjamusti di daerah perbatasan wilayah timur di Kalimantan Barat.

Kepala Bea Cukai Nanga Badau Henry Imanuel Sinuraya menyambut baik kerja sama tersebut. Menurut dia, pengamanan dan pengawasan di daerah perbatasan merupakan tanggung jawab bersama.

Dengan demikian, sangat penting untuk memperkuat hubungan sejumlah instansi terkait dengan menjalin sinergisitas, koordinasi, dan komunikasi.

“Dengan adanya kerja sama yang baik, pengamanan dan pengawasan di perbatasan akan makin kuat, terutama untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Henry.

No Comments

    Leave a Reply