Soal Arah Dukungan pada Pilkada Jateng 2024, Jokowi: Tanyakan ke Partai Politik

June 19, 2024

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo enggan berkomentar mengenai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Jawa Tengah (Jateng). Kepala Negara berkilah itu adalah urusan partai politik (Parpol) dan silakan ditanyakan kepada pimpinan masing-masing parpol.

“Pilkada Jateng tanyakan ke partai politik,” kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan, kontestasi Pilkada Serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Jokowi juga enggan menyebut mengenai soal arah dukungan relawan pada Pilkada Jateng 2024.

Sebelumnya beredar kabar bahwa  Jokowi memberikan dukungan kepada Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Lutfhi untuk maju di Pilkada Jateng 2024. Belakangan Jokowi  membantah kabar itu an meminta untuk ditanyakan kepada yang bersangkutan.

Saat ini, sejumlah nama muncul meramaikan bursa calon gubernur dan wakil gubernur. Salah satunya adalah Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono, yang baliho dan spanduknya banyak terpasang di sejumlah daerah, termasuk di Kota Semarang.

Bahkan, ada pula yang memasangkan Sudaryono sebagai calon gubernur dengan KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) sebagai calon wakil gubernur.

Selain itu, beberapa tokoh lain juga turut meramaikan kontestasi Pilkada Jateng 2024, seperti Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin), Bupati Kendal Dico Ganinduto, hingga pesohor Raffi Ahmad.

No Comments

    Leave a Reply