Penggabungan AP I dan AP II Rampung Juli 2024

June 22, 2024

BRIEF.ID –  Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menargetkan,   penggabungan atau merger PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II (AP I dan II) rampung pada Juli 2024.

Penggabungan  meliputi penyelarasan standar operasional prosedur (SOP), sistem IT, keuangan hingga operasional bandar udara (Bandara). Prosesnya itu telah berlangsung sejak tahun lalu.

“Kita harapkan proses itu akan selesai di bulan Juli ini,” ujar Dony di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Penggabungan dua entitas ini akan menjadi PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, sehingga sudah tidak ada lagi AP I dan AP 2. Aset keduanya juga dialihkan ke Angkasa Pura Indonesia sebagai surviving entity.

Dony menyebut, penggabungan AP I dan AP II menjadikan InJourney Airport sebagai bandara dan operator bandara nomor empat terbesar di dunia yang siap melayani 170 juta penumpang per tahun.

“Bulan Juli ini kita mulai muncul satu perusahaan operator airport yang besar dan ini akan menjadi nomor empat terbesar di dunia dengan jumlah penumpang itu kita 170 juta per tahun,” katanya.

Angkasa Pura Indonesia diharapkan nantinya bisa menjadi perusahaan pengelola bandara yang mengacu pada best practice di dunia. Menurut Dony, industri bandara seharusnya sumber pendapatannya berasal dari non-aero.

“Jadi supaya teman-teman ketahui bahwa di dunia itu, industri airport itu, pendapatannya dominan itu seharusnya dari non-aero. Non-aero itu datangnya dari mana, dari retail dan properti dan kita masih belum balance,” kata Dony.

No Comments

    Leave a Reply