Kalahkan Filipina 2-0, Indonesia Melangkah ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

June 12, 2024

BRIEF.ID – Timnas Indonesia memastikan tiket ke putaran final Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Timnas Filipina 2-0 pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Kemenangan Indonesia atas Filipina ditentukan gol yang dicetak Thom Haye di menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56. Kemenangan itu menjadikan skuad Garuda mengukir sejarah di posisi runner up Grup F Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah mengemas 10 poin dari enam pertandingan.

Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tapi saat itu masih bernama Hindia Belanda. Dan, format saat ini, Indonesia belum pernah bertarung di babak ketiga dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986, yaitu ke putaran kedua.

Di putaran ketiga, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi tiga grup yang diisi enam tim dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Andaikan gagal menjadi juara dan runner up grup, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat, karena dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

No Comments

    Leave a Reply