Wapres Pertama Mohammad Mokhber Jadi Pelaksana Tugas Presiden Iran

May 21, 2024

BRIEF.ID – Wakil Presiden Pertama Republik Iran, Mohammad Mokhber, 68 tahun adalah seorang politisi Iran,  yang kini menjadi  Pelaksana Tugas Presiden Republik Islam Iran, menggantikan Ebrahim Raisi yang tewas dalam kecelakaan helikopter di wilayah pegunungan di tengah cuaca badai salju di Provinsi Azerbaijan Timur, Iran barat laut, Senin (20/5/2024).

Mokhber akan menjabat selama sekitar 50 hari sebelum pelaksanaan pemilihan presiden Iran. Ia menjadi bagian dari dewan beranggotakan tiga orang, bersama ketua parlemen dan hakim agung, yang akan menyelenggarakan pemilihan presiden

Selama ini, ia banyak mengurus yayasan pengelola aset di bawah supervisi Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Politisi kelahiran 1 September 1955 itu menjadi Wakil Presiden Iran Pertama pada 2021 ketika Raisi terpilih sebagai presiden.

Bersama Raisi, Mokhber memiliki kewenangan dalam memberikan keputusan akhir pada semua masalah negara.

Menurut kantor berita Reuters, berdasarkan keterangan dari beberapa sumber, Mokhber adalah bagian dari tim pejabat Iran yang mengunjungi Moskow, Rusia, pada Oktober 2023 dan setuju untuk memasok rudal permukaan-ke-permukaan dan lebih banyak drone ke militer Rusia.

Tim itu juga termasuk dua pejabat senior dari Garda Revolusi Iran dan seorang pejabat dari Dewan Keamanan Nasional Tertinggi.

No Comments

    Leave a Reply