Presiden Iran Tewas dalam Kecelakaan Helikopter, Pemimpin Dunia Berduka

May 21, 2024

BRIEF.ID – Pemimpin dunia berduka atas kematian Presiden Iran, Ebrahim Raisi, akibat kecelakaan helikopter di wilayah Varzaqan, Provinsi Azerbaijan Timur, pada Minggu (19/5/2024).

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azarbaijan Timur, Malek Rahmati, kepala tim pengawal Raisi, Mehdi Mousavi, dan Mohammad Ali Al-e-Hashem, perwakilan Pemimpin Tertinggi Provinsi Azerbaijan, juga berada di dalam helikopter yang jatuh tersebut.

Ucapan belasungkawa berdatangan dari pemimpin dunia, dan organisasi internasional, setelah Wakil Presiden Iran, Mohsen Mansouri, mengonfirmasi kematian Presiden Iran beserta rombongan dalam kecelakaan helikopter di wilayah pegunungan Varzaqan.

Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, dalam suratnya kepada Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, menyampaikan belasungkawa atas nama pribadi dan rakyat Azerbaijan.

“Rakyat Iran kehilangan seorang negarawan terkemuka yang mengabdi pada negaranya dengan dedikasi dan kesetiaan sepanjang hidupnya,” kata Ilham Aliyev, seperti dikutip Antara, Senin (20/5/2024).

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan belasungkawa dan dukungan kepada kepada rakyat dan pemerintah Iran, serta Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, atas kematian Raisi.

“Kami akan mendukung tetangga kami Iran di hari-hari sulit dan tragis ini, seperti yang telah kami lakukan berkali-kali sebelumnya,” kata Erdogan melalui cuitan di X.

Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, menyampaikan belasungkawanya dan menyebut Raisi telah bekerja untuk melayani kepentingan Iran, meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, dan menjaga stabilitas di kawasan.

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, juga menyampaikan belasungkawa atas kematian tragis Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian dan beberapa pejabat Republik Islam Iran dalam kecelakaan helikopter.

“Saya turut berbela sungkawa yang tulus kepada rakyat Iran selama masa yang sangat sulit ini. Semoga Allah memberkati jiwa mereka dan tempatkan mereka di antara orang-orang yang saleh,” kata Anwar Ibrahim.

Pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden China Xi Jinping, dan Perdana Menteri India Narendra Modi, juga menyampaikan belasungkawa kepada Pemerintah Iran.

Tak hanya itu, beberapa negara, seperti Irak, Lebanon, dan pakistan telah menyatakan masa berkabung resmi atas kematian Raisi.

Sejumlah organisasi internasional juga menyampaikan belasungkawa kepada Pemerintah Iran, antara lain Sekretaris Jenderal OPEC, Haitham Al Ghais, dan Sekretariat OPEC. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply