Kerukunan Keluarga Kawanua Surabaya Semarakkan “Surabaya Vaganza 2024”

May 27, 2024

BRIEF.ID – Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Surabaya menyemarakkan iven “Surabaya Vaganza 2024” yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka Hari Jadi Ke-731 Kota Surabaya, Minggu (26/52024).

“Surabaya Vaganza 2024” merupakan iven tahunan yang menampilkan parade mobil hias dan pawai budaya. Parade Surabaya Vaganza dilepas Wali Kota Surabaya Ery Cahyadi di Tugu Pahlawan dan selanjutnya menyelusuri Jalan Pahlawan, Tunjungan hingga Balai Pemuda.

Parade terdiri atas pawai mobil hias dan pawai budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua K3 Surabaya Noufry Rondonuwu didampingi Sekretaris Eric Lasut mengatakan, warga Kawanua di Surabaya mendapat kehormatan bersama perwakilan komunitas suku lainnya dari berbagai daerah di Indonesia untuk tampil dalam pawai budaya.

“Kami bangga dengan partisipasi maksimal dari warga kawanua di Surabaya yang semuanya berpakaian adat Minahasa dan tampil memukau,”kata Rondonuwu melalui keterangan tertulis, Senin (27/5/2024).

Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Surabaya Noufry Rondonuwu (kiri) berfoto bersama peserta Surabaya Vaganza 2024

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan. “Surabaya Vaganza 2024” mengusung tema “The Chronicle of Surabaya.”  Dijelaskan, dalam panduan tema itu, peserta Surabaya Vaganza menampilkan sejarah panjang Kota Pahlawan dari masa ke masa. 

Tema besar ini kemudian dibagi menjadi enam sub tema Surabaya Before Century And Urban Legend, Kingdom Era, Cultural Acculturation (Multi Ethnic), Colonialism Era, Retro Surabaya, dan Surabaya at Present.

Perjalanan panjang Surabaya tidak lepas dari kemajemukan masyarakat Surabaya yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan yang hidup harmonis.

No Comments

    Leave a Reply