Panglima Instruksikan Seluruh Jajaran TNI Cegah Karhutla

February 10, 2023

BRIEF.ID – Panglima TNI Laksamana  Yudo Margono menginstruksikan seluruh  jajaran TNI di daerah lebih serius menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Di hadapan peserta Rapat Pimpinan TNI Tahun 2023, Panglima sempat berkelakar dengan mengatakan apabila perlu mencari jasa dukun untuk membantu pencegahan  karhutla di daerah masing-masing.

“Kalau perlu cari dukun supaya hujan terus-menerus di daerah itu sehingga tidak terjadi karhutla,” kata Panglima  pada Rapim TNI 2023 di Museum Satriamandala, Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapim TNI-Polri di Jakarta

Panglima menyatakan  bahwa Presiden Jokowi telah  mengingatkan bahwa ada perjanjian pada 7 tahun lalu, apabila  Pangdam dan Kapolda yang gagal menangani karhutla akan dicopot dari jabatannya.

“Kemarin,  sempat diingatkan perjanjian tujuh tahun lalu masih berlaku. Ini bukan menakutnakuti, artinya dulu pernah ada perjanjian pencopotan jabatan jika gagal mengatasi karhutla,” kata Panglima. 

Panglima meminta jajarannya yang bertugas di daerah agar melibatkan semua pihak dalam upaya pencegahan karhutla.

“Pangdam, bersama-sama Kapolda, Danrem, dan Dandim, di situ juga ada Danlanal serta  Danlanud. Libatkan semua kekuatan TNI untuk mengatasi karhutla, jangan diselesaikan sendiri,” ujarnya.

Ia  mengatakan, TNI  tidak ragu untuk meminta bantuan rekayasa cuaca apabila dibutuhkan.

“Kalau memang butuh bantuan, kirim pesawat untuk rekayasa cuaca supaya hujan di situ, supaya tidak terbakar. Laporkan kepada saya,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan janji yang disampaikan 7  tahun lalu tentang tanggung jawab Kapolda, Pangdam, Danrem, dan Kapolres bila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pemerintah memprediksi akhir Februari hingga Maret mendatang mulai terjadi pemanasan suhu di sejumlah wilayah Indonesia. Berdasarkan data kepolisian, kejadian karhutla di tahun 2022 mengalami penurunan baik dari segi jumlah luasan yang terbakar, termasuk dalam penyelesaian perkara karhutla.

No Comments

    Leave a Reply