Rupiah Turun 0,11% Jelang Keputusan Rapat Dewan Gubernur BI

June 20, 2024

BRIEF.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis (20/6/2024) turun 0,11% atau 18 poin menjadi Rp16.383 per dolar Amerika Serikat (AS).

Melemahnya rupiah terjadi menjelang keputusan rapat dewan gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada hari ini, yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan.

“Hari ini pasar menantikan hasil rapat RDG BI. Sebagian pelaku pasar memprediksi BI akan menaikkan suku bunga acuan untuk meredam pelemahan rupiah,” kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra, seperti dikutip Antara, Kamis (20/6/2024).

Menurut Ariston, kebijakan kenaikan suku bunga tersebut memang sedikit banyak bisa meredam pelemahan rupiah di tengah sentimen terhadap dolar AS yang masih kuat.

Untuk perdagangan hari ini, rupiah masih berpotensi melemah terhadap dolar AS masih terbuka, karena pelaku pasar kelihatannya masih terpengaruh dengan sikap bank sentral AS atau The Fed yang tidak terburu-buru memangkas suku bunga.

Ariston menuturkan potensi pelemahan rupiah ke level Rp16.450 per dolar AS dengan potensi support di kisaran Rp16.350 per dolar AS untuk hari ini.

No Comments

    Leave a Reply