Masjid Istiqlal Lakukan Pemotongan Hewan Kurban Besok

June 17, 2024

BRIEF.ID – Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan dan pembagian hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah pada Selasa (18/6/2024), sekitar pukul 07.00 WIB.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengatakan pada Idul Adha tahun ini, Masjid Istiqlal menerima 62 hewan kurban, dengan rincian 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Menurut dia, para petugas akan mengolah dan membagikan langsung daging kurban kepada warga yang berhak menerima berdasarkan pendataan pihak Masjid Istiqlal.

“Di Masjid Istoqlal tidak ada antrean menerima daging kurban. Kami yang pro aktif membagikan kepada mereka yang benar-benar dinilai berdasarkan penelitian yang intensif,” kata Nasaruddin, di Jakarta, Senin (17/6/2024).

Dia mengungkapkan, ada 25.000 permohonan daging kurban ke Masjid Istoqlal di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Permohonan itu berasal dari perorangan maupun lembaga.

“Permohonan daging kurban dari berbagai kalangan, baik personal maupun lembaga. Jumlah yang masuk ke kami (Masjid Istiqlal) sebanyak 25.000 jiwa dan institusi,” ujar Nasaruddin.

Dia menjelaskan, Masjid Istiqlal berupaya melakukan pembagian daging kurban secara merata dan adil melalui 3 cara.

Pertama, menyerahkan hewan kurban langsung ke penerima. Kedua, memberikan daging kurban. Ketiga, memberikan uang untuk dibelikan hewan kurban.

Terkait proses penyembelihan hewan kurban, lanjutnya, semuanya dilakukan secara higienis. Darah dan kotoran ditampung dan langsung didistribusikan kepada industri untuk diolah menjadi energi alternatif.

“Tidak ada sampah yang terbuang, (darah dan kotoran) kami serahkan ke pabrik, lalu plastik kami press agar bernilai uang,” Nasaruddin.

No Comments

    Leave a Reply