Gereja Katedral Jakarta Sumbang Seekor Sapi ke Masjid Istiqlal

June 17, 2024

BRIEF.ID – Gereja Katedral Jakarta menyumbangkan seekor sapi ke Masjid Istiqlal dalam rangka perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hal itu, merupakan bentuk toleransi dan kepedulian dan persaudaraan kepada umat Muslim.

“Tahun ini Katedral menyumbang seekor sapi, ini sebagai semangat persaudaraan pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah,” kata Kepala Bidang Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) sekaligus Juru Bicara Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, seperti dikutip dari Antara, Senin (17/6/2024).

Menurut Ismail, sapi tersebut bukan merupakan hewan kurban, tetapi sebagai hadiah atau sumbangan dari pihak Gereja Katedral Jakarta kepada pengelola Masjid Istiqlal.

Dia mengungkapkan, Gereja Katedral juga menyediakan lahan parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hal ini sudah menjadi kegiatan rutin saat berlangsungnya kegiatan keagamaan di dua rumah ibadah tersebut.

“Ya betul, lahan parkir Katedral dibuka untuk jamaah Idul Adha dan ini sudah berlangsung lama, demikian pula sebaliknya, bila Natal lahan parkir Istiqlal juga dibuka untuk jemaat Katedral,” kata Ismail.

Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah, H Martomo Malaing ditunjukkan sebagai imam dan Khatib Prof Dr Amien Suyitno.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri serta duta besar negara sahabat turut hadir dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

No Comments

    Leave a Reply