Roket Falcon 9 milik SpaceX membawa misi ke-10 peluncuran satelit Starlink, Selasa (28/5/2024).

SpaceX Luncurkan 23 Satelit Starlink Hari Ini

May 28, 2024

BRIEF.ID – SpaceX, perusahaan pesawat luar angkasa milik Elon Musk, meluncurkan 23 satelit Starlink dari Florida, Amerika Serikat, pada hari ini, Selasa (28/5/2024).

Starlink merupakan layanan internet yang diklaim menjadi yang tercepat dan tercanggih di dunia karena berbasis satelit dengan kecepatan sekitar 220 Mbps.

Peluncuran 23 sateit Starlink akan dilakukan Roket Falcon 9 milik SpaceX yang diterbangkan dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, pada Selasa pagi, mulai pukul 7:30 waktu setempat.

Perjalanan menuju orbit satelit Starlink diperkirakan sekitar 4 jam. SpaceX menyiarkan peluncuran tersebut secara langsung melalui akun X-nya, dimulai sekitar lima menit sebelum jendela Roket Falcon 9 dibuka.

Pada tahap pertama, Roket Falcon 9 akan kembali ke Bumi sekitar 8 menit setelah peluncuran, jika semuanya berjalan sesuai rencana. Jika berhasil maka peluncuran 23 satelit Starlink tersebut menjadi misi ke-10.

Sedangkan bagi SpaceX hal itu akan menjadi misi orbit ke-53 sepanjang tahun ini, dan misi ke-37 pada tahun 2024 yang didedikasikan untuk membangun megakonstelasi Starlink, yang saat ini terdiri dari hampir 6.000 satelit operasional.

“Masih banyak lagi penerbangan yang akan datang. SpaceX berencana meluncurkan sekitar 150 misi tahun ini,” bunyi pernyataan manajemen Starlink.

Seperti diketahui, Starlink baru-baru ini diluncurkan di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo dan CEO SpaceX dan X, Elon Musk, disela-sela kegiatan Water World Forum di Bali, pada Minggu (19/5/2025).

Layanan internet Starlink kini dapat digunakan di Indonesia dengan harga perangkat sekitar Rp7,8 juta, dan biaya berlangganan sekitar Rp750.000 per bulan.

No Comments

    Leave a Reply