Kemenag: 17 Jemaah Indonesia Meninggal Selama 16 Hari Ibadah Haji

May 27, 2024

BRIEF.ID – Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan sebanyak 17 jemaah calon haji Indonesia meninggal dunia selama 16 hari penyelenggaraan Ibadah Haji atau hingga Senin (27/5/2024).

Petugas Media Center Haji (MCH), Widi Dwinanda, mengatakan ke-17 jemaah tersebut meninggal di lokasi yang berbeda, yakni 1 orang di bandara, 13 orang di Madinah, dan 3 orang di Makkah.

“Seluruh calon haji yang meninggal dunia setelah masuk embarkasi dan sebelum keluar dari debarkasi akan mendapatkan asuransi dan akan dibadalhajikan,” kata Widi, dalam konferensi pers, Senin (27/5/2024).

Menurut dia, 17 jemaah calon haji yang meninggal tersebut merupakan bagian dari 109.898 jemaah calon haji Indonesia yang telah tiba di Arab Saudi.

Widi menjelaskan, seluruh jemaah calon haji yang sudah tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jemaah yang terbagi ke dalam 259 kelompok terbang (kloter).

Seluruh jemaah calon haji Indonesia tiba melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, dan King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jeddah.

Para jemaah calon haji Indonesia akan berada di Arab Saudi selama kurang lebih 41 hari untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji.

No Comments

    Leave a Reply