Diminati Investor, XAI Milik Elon Musk Raih Pendanaan US$24 Miliar

May 28, 2024

BRIEF.ID – Startup Artificial Intgelligence (AI) milik Elon Musk, xAI, meraih pendanaan dengan nilai mencapai US$24 miliar atau setara Rp386,224 triliun. Hal itu menunjukkan xAI sangat diminati investor.

Dalam putaran pendanaan seri B, pada Senin (27/5/2024), xAI mendapat tambahan pendanaan sebesar US$6 miliar atau setara Rp96,556 triliun, sehingga total dana yang diraih xAI mencapai US$24 miliar.

Sejumlah investor besar memberikan pendanaan kepada xAI karena optimistis perusahaan besutan Elon Msk itu akan menjadi penantang perusahaan seperti OpenAI, dan menjadikan pasar AI semakin kompetitif. Beberapa investor yang memberikan pendanaan untuk xAI, antara lain Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital.

Elon Musk menyampaikan dana yang dihimpun xAI telah melampaui target awal yag dipatok sebesar US$18 miliar.

Menurut dia, dana tersebut, akan digunakan untuk memasarkan produk pertama xAI, membangun infrastruktur canggih dan mempercepat penelitian dan pengembangan teknologi masa depan

“Akan ada lebih banyak hal yang akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang,” kata Elon Musk dalam unggahan di akun X.

Perusahaan seperti Microsoft (MSFT.O), membuka tab baru yang didukung OpenAI dan Alphabet (GOOGL.O), termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang memimpin kompetisi sengit untuk dominasi AI generatif.

Hal ini, mendorong investasi dan inovasi yang signifikan untuk AI semakin berkembang pesat.

No Comments

    Leave a Reply