Menkes Minta Kepala Daerah Libatkan Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

March 7, 2024

BRIEF.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta  para kepala daerah, khususnya Bupati dan Waki Kota agar melibatkan masyarakat menciptakan lingkungan yang sehat untuk mengeliminasi berbagai Penyakit Tropis Terabaikan di Indonesia (Neglected Tropical Diseases/NTDs).

Berdasarkan  laporan Kementerian Kesehatan, saat ini  Penyakit Tropis Terabaikan masih menjangkiti sekitar satu 1 penduduk Indonesia.

“Berbagai penyakit tropis terabaikan dapat dieliminasi jika masyarakat dapat menjaga lingkungan sehingga berbagai hewan dan binatang yang ada di lingkungan tidak membawa virus, bakteri, atau patogen penyakit,” kata Menkes pada peringatan NTDs Day 2024 di Jakarta,  Rabu (6/3/2024).

Pada acara itu, Menkes  menyerahkan penghargaan kepada 99 Bupati dan Wali Kota atas pencapaian bebas frambusia dan 3 bupati atas pencapaian eliminasi filariasis atau kaki gajah..

“Memang, cara yang paling bagus dan paling benar, walaupun susah, adalah jaga lingkungannya. Kalau lingkungannya nggak banyak nyamuk, segala penyakit yang dibawa nyamuk pasti menurun,” ujar Menkes.

Ia juga secara khusus menyampaikan, upaya eradikasi dan eliminasi Penyakit Tropis Terabaikan merupakan program kesehatan berkelanjutan yang tidak dapat selesai dalam satu atau dua tahun. Upaya mengeliminasi penyakit-penyakit tersebut membutuhkan komitmen bersama untuk menjaga kesehatan lingkungan.

“Bapak, Ibu, jangka panjang, kalau mau sustainable yang mesti diberesin, bikin lingkungan yang bersih. Lingkungan bersih apa aja? Rajin cuci tangan sebelum makan, buang air besar jangan sembarangan. Kemudian, kalau jalan-jalan di luar pakai sandal, terutama anak-anak. Kalau ada genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk itu dibersihkan. Nah, harusnya kalau itu beres, turun jauh tuh NTD-nya,” kata Menkes.

No Comments

    Leave a Reply