Filda Yusgiantoro:Seni Hubungkan Budaya Indonesia kepada Masyarakat Internasional

October 11, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Purnomo Yusgiantoro (PYC) Filda C. Yusgiantoro menyatakan  bahwa  pergelaran seni  merupakan jembatan yang kokoh untuk menghubungkan  seni dan budaya khas Indonesia kepada masyarakat internasional.

Sebagai wahana  yang mengandung nilai-nilai universal, seni dan budaya diyakini  dapat menyatukan insan dari  berbagai latar belakang bangsa dan bahasa yang berbeda.

“Seni budaya adalah bahasa universal yang menghubungkan insan dari berbagai latar belakang dan bahasa yang berbeda. Apa yang kami lakukan sebagai bentuk dari people to people connection melalui seni dan budaya,” kata Filda di Beijing, Tiongkok, Selasa (10/10/2023).

Pergelaran seni bertajuk  “The Beautiful Culture of Indonesia Goes To Beijing”  berlangsung  sekitar 1,5 jam di Central Conservatory of Music Opera Hall  Beijing, Tiongkok. PYC membawa sekitar 61 musisi dan penari  Indonesia untuk memeriahkan pergelaran  yang  menyuguhkan musik Kolintang dan tarian dari berbagai daerah di Nusantara.

Para penari dan musisi berhasil ‘menghipnotis’  ratusan penonton yang terdiri atas warga negara Indonesia (WNI), para duta besar negara-negara sahabat,  masyarakat Tiongkok, dan  warga negara lain.

Hadir pula, pendiri PYC sekaligus guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Purnomo Yusgiantoro, Ibu Lis Purnomo Yusgiantoro,  dan Dubes RI untuk RRT Djauhari Oratmangun.

Filda mengungkapkan, dalam konteks hubungan bilateral, seni dan budaya  memainkan peran strategis sebagai  alat diplomasi yang ampuh, khususnya  untuk mempererat hubungan persahabatan dan kemitraan strategis Indonesia – Tiongkok.

“Apa yang dilakukan PYC adalah bagian dari diplomasi budaya. Siapa pun  yang hadir dapat merasakan secara langsung denyut nadi kehidupan masyarakat Indonesia melalui seni dan budaya,” jelas Filda.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: