Menko Luhut Dianugerahi Bintang Kehormatan Distinguished Service Order dari Pemerintah Singapura

June 7, 2023

BRIEF.ID – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dianugerahi  Bintang Kehormatan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Distinguished Service Order/DSO) dari pemerintah Republik Singapura.

Penganugerahan penghargaan dilakukan Presiden Republik Singapura Halimah Yacob di Istana Negara Singapura, Senin (5/6/2023).

Luhut mendapatkan gelar tanda jasa ini karena dinilai memberikan sumbangsih besar dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan Singapura. Duta Besar RI untuk Singapura periode 1999-2000 itu juga dinilai mampu menyelesaikan kesepakatan antara Indonesia-Singapura yang tertahan 16 tahun.

“Melalui penghargaan DSO ini saya berharap hubungan baik di segala bidang antara kedua negara tetangga di kawasan ini bisa terus dirawat khususnya di tengah tantangan geopolitik yang terjadi saat ini,” kata Luhut seperti dikutip melalui akun media sosial Instagram @luhutpandjaitan, pada Rabu (7/6/2023).

Luhut menuturkan, pada 24 tahun yang lalu tepatnya setelah memperoleh mandat dari Presiden B.J. Habibie dan kemudian dilantik menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Singapura, ia dipanggil Presiden Habibie untuk  memperbaiki hubungan antara Indonesia dan Singapura,  yang sempat mendingin sekaligus menarik kembali investasi dari luar untuk kembali ke Indonesia.

“Saya mulai membangun kepercayaan dari para pejabat Singapura dari tingkat Perdana Menteri (waktu itu) Goh Chok Tong hingga pejabat Kementerian Luar Negeri Singapura,” jelas Luhut.

Disebutkan, kepercayaan dan hubungan baik dengan para politisi di Singapura terus dipelihara hingga hari ini dan amat memudahkan dalam pekerjaannya  sekarang.

Senior Minister Teo Chee Hean misalnya,  adalah teman baik dari era ketika masih menjabat  Dubes. Demikian pula PM Singapura  Lee Hsien Loong dan istrinya.

Atas terbinanya hubungan baik yang terjaga selama puluhan tahun, lanjutnya, Singapura menjadi mitra strategis bagi Indonesia sampai sekarang.

“Hari ini, saya mendapat undangan khusus dari pemerintah Singapura untuk menerima Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang atau yang juga dikenal dengan sebutan Distinguished Service Order (DSO). Penghargaan yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Singapura, Halimah Yacob di Istana Negara Singapura ini diberikan pemerintah Singapura sebagai bentuk penghormatan atas terus terpeliharanya hubungan bilateral yang semakin kuat antara Indonesia dan Singapura khususnya di bidang ekonomi, politik, hukum, pertahanan, dan keamanan,” kata Luhut.

No Comments

    Leave a Reply