Xinhua: Politik di AS Tidak Lagi Normal

May 10, 2023

BRIEF.ID – Kantor Berita Tiongkok, Xinhua melaporkan bahwa ada opini yang menguat soal inti dari kegelisahan warga Amerika Serikat (AS) adalah munculnya perasaan bahwa politik di Negeri Paman Sam  sudah tidak lagi normal.

Hal itu dikupas secara mendalam pada sebuah artikel opini berjudul There’s a war raging. It’s against normal politics yang dimuat  Harian The Washington Post,  edisi Minggu (7/5/2023).

“Contoh yang jelas: Normal berarti menerima hasil pemilihan yang sah bahwa pihak Anda kalah dan tidak memberikan persetujuan pada serangan massa yang brutal di Capitol AS untuk membatalkan hasilnya,” kata laporan itu.

Jajak pendapat CBS News/YouGov baru-baru ini,  menemukan bahwa 69% pendukung Partai Republik dan warga AS yang condong ke arah  tidak percaya kepada Presiden AS Joe Biden.

Padahal Biden  adalah presiden yang sah, dan 75% mengatakan pandangan bahwa Donald Trump menang pada pemilihan presiden 2020 menjadi alasan untuk memilihnya, urai laporan itu.

Proses rusaknya kenormalan sudah lama berkembang. Matthew Dallek, seorang sejarawan di Universitas George Washington, memandang berakhirnya Perang Dingin memiliki efek destabilisasi pada politik, melemahkan kemampuan tokoh-tokoh institusional Partai Republik untuk membendung pandangan kelompok-kelompok ekstrem mereka, urai laporan tersebut.

“Disintegrasi kenormalan terjadi bersamaan dengan disintegrasi norma, dan ini bukan kebetulan,” kata Nicole Hemmer, seorang sejarawan di Universitas Vanderbilt, sebagaimana dikutip laporan itu. (antara)

No Comments

    Leave a Reply