Wapres Kukuhkan Enam Anggota BP3OKP

May 30, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengukuhkan enam anggota Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Senin (29/5/2023).

Keenam Anggota BP3OKP yang dilantik adalah Alberth Yoku sebagai perwakilan Provinsi Papua, Irene Manibuy (Provinsi Papua Barat), Yoseph Yanowo Yolmen (Provinsi Papua Selatan), Pietrus Waine (Provinsi Papua Tengah), Hantor Matuan (Provinsi Papua Pegunungan), dan Otto Ihalauw (Provinsi Papua Barat Daya).

“Saya berharap para Anggota BP3OKP dapat betul-betul mengawal ketuntasan program yang diatur dalam RIPPP dan RAPPP sebagai rencana aksi 5 tahunan,” kata Wapres.

Wapres meminta jajaran BP3OKP yang baru dilantik untuk bekerja dengan mengedepankan solidaritas dan persatuan dalam menciptakan situasi Papua yang aman dan damai.

“Mari bangun Papua yang lebih baik dengan semangat kebersamaan dan semangat persatuan. Selamat mengemban tugas mulia. Jadilah pemimpin yang bijaksana, visioner, dan penuh integritas,” kata Wapres.

Wapres juga secara khusus menyampaikan empat poin penting yang perlu dipedomani oleh setiap Anggota BP3OKP dalam menjalankan tugas. Pertama, memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Papua secara mendalam.

“Perbanyak mendengar agar kita dapat menciptakan kebijakan yang sesuai dengan realitas lapangan, serta menjawab harapan dan kebutuhan riil masyarakat Papua,” tegasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, jajaran Pangdam dan Kapolda di Papua.

No Comments

    Leave a Reply