Pemerintah Siagakan 54 Dapur Katering Sajikan Menu Khas Nusantara Bagi Jemaah Calon Haji di Makkah

May 24, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah menyiagakan sebanyak 54 dapur katering yang khusus menyajikan menu khas Nusantara yang diperuntukkan bagi jemaat calon haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengontrak 54  katering untuk melayani jemaah haji Indonesia saat di Makkah. Untuk memastikan kesiapan dapur, dilakukan uji kompetensi juru masak dan demo masak menu Nusantara.

“Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa nusantara yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi,” kata Kepala Daker Makkah, Khalilurrahman saat memberikan arahan pada  praktik memasak menu Nusantara di Makkah, Selasa (23/5/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daker Makkah Tawwabuddin, Kasi Katering Daker Makkah Beny Darmawan, Petugas pengawas katering Dadang Suratman dari praktisi Seni Kuliner  Poltekpar NHI Bandung.

Kegiatan ini diikuti seluruh penanggung jawab dan juru masak 54 dapur penyedia katering, dan digelar selama dua hari, 23 – 24 Mei 2023.

Pada hari pertama, demo masak dilakukan di 27 dapur katering. Sementara itu, 27 dapur lainnya mengikuti demo masak pada hari kedua. Dapur-dapur katering ini akan mulai memberikan layanan sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah pada 2 Juni 2023.

Khalilurrahman mengatakan, selama berada di Makkah, jemaah akan mendapatkan tiga kali makan sehari, yang terdiri atas sarapan, makan siang, dan makan malam.

Sarapan pagi disediakan  tiga jenis menu utama, yaitu Nasi Uduk dan Orek Tempe Cabe,  Nasi Goreng dan Teri Kacang Balado, serta  Nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah.

“Menu bercita rasa Nusantara ini kita sajikan agar bisa dinikmati  jemaah haji Indonesia selama di Makkah,” kata Khalilurrahman.

No Comments

    Leave a Reply