Mendag Zulkifli Hasan Ungkap Keseriusan Indonesia Tingkatkan Perdagangan dengan Selandia Baru

May 27, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan menyatakan keseriusan Indonesia meningkatkan komitmen perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru di bawah payung Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN, Australia, dan Selandia Baru (AANZFTA).

“Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam penyelesaian peningkatan kerja sama AANZFTA. Ditandatanganinya Protokol Kedua untuk Mengamendemen AANZFTA  menjadi salah satu capaian prioritas ekonomi Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023. Untuk itu, Indonesia mengharapkan peningkatan kerja sama AANZFTA dapat segera terwujud,” kata Mendag seperti dilansir Antara,  Sabtu (27/5/2023).

Hal itu disampaikan Mendag  saat bertemu  Menteri Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Selandia Baru Damien O’Connor. Mendag menambahkan, peningkatan AANZFTA bertujuan untuk lebih memfasilitasi dan memberikan manfaat bagi sektor bisnis.

Peningkatan juga menjadi penting sebagai langkah antisipatif terhadap tantangan-tantangan yang dapat muncul di masa mendatang.

Selain membahas peningkatan AANZFTA, Mendag  dan Damien O’Connor juga membicarakan tentang kerja sama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). Disebutkan,  Indonesia mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas, adil, terbuka, dan saling terhubung untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya juga mendukung agar IPEF memiliki capaian konkret sebagai bukti kepada konstituen bahwa IPEF memberikan manfaat nyata,” katanya.

Indonesia resmi bergabung dengan IPEF pada 27 Mei 2022. Peluncuran Bersama IPEF dan Pertemuan Para Menteri dilaksanakan pada 23 Mei 2022 di Tokyo, Jepang.

Damien O’Connor mengatakan bahwa Selandia Baru berharap forum APEC dapat semakin relevan dan menjadikan sinergi APEC, IPEF, dan AANZFTA semakin baik untuk meningkatkan kerja sama.

Ia berharap agar kerja sama dengan Indonesia juga dapat berkembang, khususnya di bidang peternakan. Isu yang diutarakan meliputi kerja sama penanganan penyakit mulut dan kuku serta kerja sama peternakan sapi perah. Diangkat juga mengenai penerbangan langsung Bali-Auckland yang semakin menghubungkan kedua negara.

Sementara itu, Indonesia meminta dukungan Selandia Baru terkait mekanisme pendanaan unit pendukung untuk Perjanjian Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

Pertemuan  Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri Damien O’Connor berlangsung di sela rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan dari Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade/APEC MRT), 25-26 Mei 2023.

Pada tahun 2022, total perdagangan Indonesia dan Selandia Baru mencapai US$ 2,1 miliar. Ekspor Indonesia tercatat sebesar US$ 731,9 juta  dan impor Indonesia US$ 1,4 miliar.

Adapun pada Januari-Maret 2023, total perdagangan Indonesia dan Selandia Baru tercatat  sebesar US$ 453,8 juta, dengan nilai ekspor Indonesia sebesar US$ 166,4 juta,   dan impor sebesar US$ 287,4 juta.

No Comments

    Leave a Reply