Erick Thohir : Sistem IT Sudah Normal dan Dana Nasabah BSI Aman

May 20, 2023

BRIEF.ID  – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menangkis adanya kabar yang beredar terkait data nasabah BSI yang bocor. Erick pun menegaskan bahwa data dan dana nasabah tetap aman saat adanya gangguan sistem IT di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) pada Senin (8/5/2023).

“Saya  berkomunikasi langsung dengan Direktur Utama BSI Hery Gunardi untuk memastikan keamanan sistem IT BSI,” kata Erick melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/5/2023).

“Sempat [berkembang isu], wah data ini bocor, ternyata nggak. Kan sudah dijawab. Bahwa itu bisa aja screenshot,” kata Erick.

Erick juga mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Direktur Utama BSI Hery Gunardi selama terjadinya gangguan layanan pada sistem BSI. Termasuk keputusan Hery untuk lebih memilih tetap di Jakarta guna mengurus kendala yang sedang dialami BSI, alih-alih ikut berangkat roadshow dengan Erick guna bertemu calon investor BSI pada pekan lalu.

“Nah, sekarang kan gini, di dalam struktur perusahaan itu udah ada dirut-dirutnya, komandan-komandan perangnya. Tapi apakah saya melepaskan? Enggak. Tanya Dirut BSI, silahkan telepon. Ketika itu [gangguan layanan BSI] kejadian, saya tanya, “Pak Dirut, rencana roadshow jadi nggak?”, “Nggak Pak, saya batalkan”, “Anda pimpinan yang bagus. Anda harus tinggal disini, selesaikan masalah ini”,” papar Erick.

Sistem BSI yang sempat mengalami gangguan kini telah kembali berjalan normal, baik layanan cabang, ATM, dan BSI Mobile. BSI juga sudah menyelesaikan 100 persen pelunasan biaya calon jemaah haji 1444 H atau sejumlah 161.455 orang.

Kondisi ini menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan para calon jemaah haji kepada BSI. Sehubungan dengan kendala teknis yang sempat dialami oleh BSI pada Senin, 8 Mei 2023, perseroan memastikan bahwa dana haji milik jemaah yang telah disetorkan kepada BSI tetap aman dan terjaga.

BSI juga membukukan kenaikan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) harian dan mencetak volume setoran senilai hampir Rp1 triliun pada operasional yang dilakukan Selasa (16/5), yang berasal dari 40.142 transaksi. Angka ini terus menunjukkan tren bertumbuh sejak BSI menggelar weekend banking atau operasional bank di luar hari kerja pada Sabtu (13/5/2023) dan Minggu (14/5/2023) untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Pada Selasa (16/5/2023), BSI juga mencatatkan pembukaan jumlah rekening baru sebanyak 6.737 rekening, tumbuh hampir dua kali lipat dari hari sebelumnya (15/5/2023) ketika jumlah pembukaan rekening baru di BSI mencapai 3.670 rekening.

Selain setoran tunai, pada Selasa (16/5/2023) BSI juga membukukan pertumbuhan nilai setoran nasabah institusi dan mitra bayar hingga lebih dari 80% secara harian (day to day/d-to-d), yang berasal dari 1.494 transaksi.

No Comments

    Leave a Reply