Cara Jitu Mengatasi FOMO Nonton Konser

May 20, 2023

BRIEF.ID – Setelah sempat “puasa” hampir tiga tahun  menyaksikan  konser offline, kini  konser musik di Indonesia makin rutin digelar sejak medio  2022.

Pada tahun 2023, Indonesia ketiban rejeki. Tidak tanggung-tanggung,  ada sederet  musisi dalam negeri dan  internasional yang kini antre  untuk menjumpai penggemarnya. 

Sebelumnya, K-Pop asal Korea Selatan, BLACKPINK sukses menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia, Maret 2023,  lalu Westlife melalui  konser “Wild Dreams Tour Indonesia”  di ICE BSD Tangerang, 9 Februari 2023, dan Deep Purple di Solo, 10 Maret 2023.

Tahun ini, masih ada lagi sederet  konser yang akan digelar di Indonesia. Sebut saja, Coldplay, pada 15 November 2023.

Tentu, diperlukan usaha ekstra agar dapat membeli tiket. Di sisi lain, ada  fenomena di kalangan  anak muda bahwa tiket harus diraih atau berhasil dibeli.  Fenomena ini dikenal dengan FOMO atau  fear of missing out.

FOMO  dipahami sebagai  perasaan yang membuat seseorang merasa takut atau  khawatir ketinggalan tren. Fenomena FOMO  dapat menyebabkan seseorang mengalami  tekanan (stres).  

Nah,  supaya kamu tidak dirundung  FOMO,  mari  simak tips berikut ini:

  • Batasi Gunakan Medsos

Fomo berawal dari penggunaan media sosial (medsos) secara  berlebihan.  

Terlalu lama berkelana di media sosial akan membuat seseorang  tidak ingin tertinggal tren. Disarankan, dalam menggunakan media sosial, seseorang harus lebih selektif  dan jangan sungkan-sungkan untuk melihat akun lain.

Sesekali coba untuk unfollow akun yang menurutmu membuat kamu merasa FOMO seperti akun yang sering membagikan jadwal konser.

Pembatasan media sosial juga dikenal sebagai detox media sosial.  

  • Tetap Mengikuti  Tren

Fenomena FOMO yang seringkali hadir dari media sosial perlu dipikirkan ulang. Jangan sampai karena   tidak menonton sebuah konser, seseorang menganggap dirinya  tertinggal tren.

Untuk mengatasi situasi ini, tanamkan dalam pikiran bahwa  tidak menonton  konser bukanlah sebuah masalah. Tren menonton konser tidak penting.

  • Stop Memaksakan Diri

Seseorang  harus memahami bahwa kebutuhan itu terbatas, sedangkan keinginan tidak akan ada habisnya. Konser akan terus berdatangan ke Indonesia. Nah,  harus ada kesadaran dalam diri  tentang kemampuan finansial.

Bagi  yang masih sering memaksakan diri untuk menonton konser yang sebetulnya tidak penting, sebaiknya hentikan upaya-upaya yang berdampak FOMO!

Prioritaskan pada hal-hal yang lebih bermanfaat. Tentukan skala prioritas dan fokus jalankan itu.

  • Jeli Identifikasi, FOMO atau Bukan

Berpikir ulang saat ingin membeli tiket konser merupakan hal yang penting untuk  mengetahui apakah suatu konser  wajib  disaksikan atau hanya sekadar ikut-ikutan.

Jika menonton konser hanya karena mengikuti teman, itu pertanda  seseorang terkena FOMO. Makanya, sebelum membeli lebih baik pikirkan dulu secara matang!

Itu dia pembahasan artikel kali ini mengenai tips agar tidak fomo, semoga artikel ini bermanfaat ya! (Penulis: Renata Ajeng)

No Comments

    Leave a Reply