Bawaslu: Kalau Ada Berita Hoaks Soal Pemilu 2024, Dihapus Saja

May 31, 2023

BRIEF.ID –  Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Totok Hariyanto mengajak pemilih, termasuk generasi muda untuk tidak menyebarkan informasi bohong terkait pemilihan umum (pemilu) yang dapat menimbulkan kegaduhan di Pemilu 2024.

“Kalau ada unggahan mengandung kebencian, semangat emosional, berita bohong, tidak usah diteruskan. Dibaca terus dihapus,” ujar Totok pada acara Gerakan Cerdas Memilih di Auditorium Abdul Rahman Saleh LPP RRI Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Ia mengatakan,  unggahan hoaks yang mengandung kebencian akan menimbulkan kebencian baru. Untuk itu, dia meminta agar tidak usah disebarkan ke orang lain lagi. Seorang pemilih haruslah bersikap cerdas dalam mendukung jagoannya di Pemilu 2024. Salah satu caranya adalah dengan menyaring informasi yang didapat.

“Kalau ada yang tidak sesuai kenyataan, tidak usah diteruskan. Langsung hapus juga,” jelasnya.

Sebelumnya, Totok meminta masyarakat untuk tidak takut melaporkan adanya dugaan pelanggaran Pemilu, seperti peserta pemilu yang membagi-bagi sembako ataupun politik uang dengan bukti yang cukup.

“Laporkan saja jangan takut. Kalau ada yang bagi-bagi sembako laporkan,” kata Totok.

Ia menegaskan masyarakat tidak perlu bingung untuk melapor, jika ada pelanggaran Pemilu. Sebab, kantor pengawas pemilu sudah ada hingga pelosok daerah.

“Yang namanya pengawas pemilu itu ada di tingkat desa, kecamatan. Kalau ada pelanggaran pemilu laporkan aja, selesai sudah,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply