Wapres: Manajemen Talenta, Instrumen Efektif Memilih Calon Pemimpin

May 30, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan, manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi seiring berubahnya praktik tata kelola pemerintahan.

“Kebijakan manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi,” kata Wapres pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 yang disampaikan secara virtual di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Pada Rakornas bertema “Talent Management 2030: Smart, Agile, Empathy,” Wapres menyatakan, melalui manajemen talenta, diharapkan akan tersaring individu-individu yang berdaya saing, yang dalam jangka panjang dapat membawa tata kelola pemerintahan di Indonesia menjadi lebih baik serta dapat menularkan keunggulan yang dimilikinya kepada para generasi penerus bangsa.

Wapres mengungkapakan, perkembangan praktik ini di Indonesia, ditandai melalui upaya peningkatan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN), utamanya pada kualitas kepemimpinan.

“Kita mencita-citakan ASN Indonesia tidak hanya berdaya saing, unggul, dan andal, tetapi juga cerdas, lincah, dan memiliki empati yang menandakan kecerdasan emosional. Talenta-talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan,” kata dia.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, dan Pejabat Tinggi Kementerian/Lembaga/Daerah se-Indonesia.

No Comments

    Leave a Reply