Menkes Serahkan ke DPR 3.020 Daftar Inventarisasi Masalah RUU Kesehatan

April 6, 2023

BRIEF.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyerahkan 3.020 daftar inventarisasi masalah (DIM) yang diperoleh dari batang tubuh Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan kepada Komisi IX DPR RI.

“Sebanyak 1.037 DIM-nya tetap sesuai masukan DPR dan kami usulkan agar disepakati di Rapat Kerja DPR saat ini,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa lalu.

Menkes mengatakan, sebanyak 399 DIM mengalami perubahan redaksional, 1.584 DIM mengalami perubahan substansi diusulkan ditindaklanjuti oleh Tim Perumus, Tim Sinkronisasi dan Panitia Kerja DPR RI.

Kemenkes juga melaporkan 1.488 DIM yang disertai penjelasan, terdiri atas DIM tetap sebanyak 609, DIM perubahan redaksional sebanyak 14, dan DIM perubahan substansi sebanyak 865.

Ia  mengatakan Kementerian Kesehatan mendukung RUU Kesehatan yang menjadi inisiatif DPR, karena sejalan dengan upaya transformasi sistem kesehatan Indonesia.

“Kementerian Kesehatan selaku koordinator wakil pemerintah telah melakukan penyusunan DIM bersama wakil pemerintah lain yang ditunjuk dan kementerian/lembaga terkait,” katanya.

Disebutkan,  Kementerian Kesehatan juga telah melakukan public hearing, forum diskusi, sosialisasi, dan penyediaan website bagi partisipasi publik dalam memberi masukan terhadap RUU Kesehatan.

“Partisipasi tersebut merupakan bentuk keterbukaan kepada publik dalam proses penyusunan RUU Kesehatan,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply