Kuliner Penggugah Selera Khas Semarang, Bikin Lidah Bergoyang

April 4, 2023

BRIEF.ID – Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu destinasi pariwasata menarik yang memiliki beragam kuliner lezat.

Belum lama  ini,  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menjuluki Kota Semarang  sebagai salah satu dari tiga destinasi kuliner paling menarik di Indonesia.

Pada bulan Ramadan tahun ini, pasti banyak yang bertanya-tanya tentang ragam kuliner khas Semarang, di antaranya  Mangut Kepala Manyung, Garang Asem, Soto Bangkong, Lunpia, Es Dawet, dan Es Puter. Menyantap kuliner spesial ini  membuat  lidah bergoyang.

1.MANGUT KEPALA MANYUNG

Mangut Kepala Manyung  adalah  sajian  tradisional Semarang, yang  atas kepala ikan manyung, daging ikan manyung, santan, cabe, dan tomat.

Mangut Kepala Manyung paling enak disantap saat berbuka puasa maupun sahur.

2. GARANG ASEM

Kuliner ini  terkenal sebagai  makanan tradisional  khas Semarang, yang terdiri atas  ayam  dilengkapi  kuah santan berbumbu belimbing wuluh dan cabai. Uniknya, ayam dan kuah santan dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam daun pisang terlebih dahulu lalu ditutup atasannya dengan lidi.

Untuk menambah kenikmatannya, biasanya Garang Asem diberi tambahan nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate, dan perkedel.

3.SOTO BANGKONG

Makanan bercita  rasa segar ini  mewarnai lembaran kuliner Semarang, sejak beberapa  dekade lalu.  Soto Bangkong yang  berkuah   paling pas disantap saat berbuka puasa.

4.LUNPIA

Dapat dikatakan,  kue ini telah  menjadi ikon Kota Semarang. Tak heran,  Semarang dijuluki  sebagai kota Lunpia. Pada bulan Ramadan, wajib hukumnya untuk menikmati Lunpia, yang isinya terdiri atas   rebung, ayam, manis, gurih.

Pada setiap gigitannya bisa jadi membuat Anda tak lelah mengunyah sembari mengingat kembali keindahan kota Atlas.

5.ES DAWET 

Semarang dikenal sebagai kota yang memiliki beragam es legendaris, di mana salah satu di antaranya adalah Es Dawet.

Es dawet  banyak diburu masyarakat, pada bulan Ramadan untuk  dijadikan  minuman berbuka puasa.

6.ES PUTER

Berkeliling kota Semarang, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati  Es Puter yang legendaris. Es Puter sangat  populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan.

Kelezatan es puter  tidak  diragukan lagi, apalagi kalau dilengkapi  berbagai isian, seperti durian, roti, meses, mutiara, sirup, dan serutan es batu yang membuat segar.

Minuman  ini sangat cocok dinikmati berbuka puasa. 

No Comments

    Leave a Reply