Kepala BNPT Rycko Amelza Optimalkan Deradikalisasi  

April 3, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Rycko Amelza Dahniel mengoptimalkan  kegiatan deradikalisasi di kalangan narapidana terorisme, termasuk masyarakat yang pernah terlibat dalam tindakan radikalisme dan terorisme.

“Terutama, kepada saudara-saudara kita yang pernah tersesat dan terlibat dalam masalah hukum dengan kasus-kasus radikalisme dan terorisme. Kita tentunya akan menggunakan berbagai upaya pendekatan secara preventif, secara persuasif,” kata Rycko  usai dilantik Presiden Jokowi  di  Istana Negara,  Jakarta,  Senin (3/4/2023).

Rycko juga menyatakan   akan  bersinergi dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya dalam penanggulangan terorisme di Tanah Air. BNPT, lanjutnya, akan bekerja sama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun luar negeri untuk melakukan upaya pencegahan tindakan radikalisme dan terorisme.

“Kita akan melakukan kerja sama baik di dalam negeri maupun di luar negeri, terutamanya dengan melakukan upaya-upaya pencegahan, pencegahan dengan menggunakan sentuhan hati, pencegahan yang lebih mengedepankan upaya-upaya dalam bidang edukasi, pendidikan dan kesejahteraan,” kata dia.

Di sisi lain, mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan bahwa tindakan penegakan hukum juga akan tetap dilakukan dalam kasus tertentu. Meski  tindakan itu menjadi opsi terakhir dalam penanggulangan terorisme.

“Penegakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remedium, pilihan terakhir dalam melakukan upaya penanggulangan ideologi dan terorisme,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply