Jajak Pendapat Telkomsel, 72% Pelanggan Berencana Mudik, Saat Libur Lebaran

April 4, 2023

BRIEF.ID – Hasil jajak pendapat  yang diadakan Telkomsel Enterprise, anak usaha  Badan Usaha Milik Negara Telkom Group, menyebutkan bahwa sebanyak 72% pelanggan jaringan seluler itu berencana mudik saat libur Lebaran.

Jajak pendapat bertajuk “Ramadan Consumer Behaviour Insight 2023”   yang dilakukan  melalui solusi  tSurvey.id melihat sebagian besar responden yang akan mudik Lebaran mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudikmenggunakan kendaraan pribadi.

“Dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program pemasaran Ramadhan-nya sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama

momen Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2023,” kata Wakil Direktur Solusi Data Telkomsel Alfian Manullang melalui keterangan tertulis di Jakarta,  Selasa (4/4/2023).

Disebutkan, sebanyak 81% responden  menjawab mudik Lebaran menggunakan transportasi umum,  mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga sebulan sebelum hari H Lebaran.

Responden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, 64% menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1.000.000 dan 60% responden memilih bengkel resmi untuk servis kendaraan.

Kebiasaan Pelanggan

Selain  mudik Lebaran, survei Telkomsel Enterprise juga mencakup kebiasaan pelanggan selama bulan Ramadhan. Survei menunjukkan bahwa 40% responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat supaya bisa menikmati waktu menunggu berbuka puasa di rumah.

Sebanyak 45% memasak untuk berbuka puasa, sementara 36% menjawab menonton tayangan streaming sambil menunggu buka puasa.

Sekitar 60% responden lebih suka memasak sendiri untuk makanan yang disantap saat sahur dan berbuka puasa. Makanan beku menjadi salah satu alternatif untuk sahur (23% responden) dan  makanan yang dibeli lewat layanan pesan-antar menjadi favorit untuk berbuka puasa (30%).

Telkomsel juga menemukan masyarakat semakin sering beraktivitas di luar ruangan setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Sebanyak 45% responden memilih restoran dan kafe untuk berbuka puasa bersama, dengan anggaran antara Rp 50.000 sampai Rp100.000.

Berkaitan dengan pengeluaran selama bulan Ramadhan, hampir 20% responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp 5 juta untuk berbelanja, paling banyak untuk makanan dan minuman. Sebanyak 52%  responden menyiapkan anggaran khusus untuk bingkisan Lebaran senilai rata-rata Rp50.000 sampai Rp100.000 per bingkisan.

Survei “Ramadan Consumer Behaviour Insight 2023” melibatkan lebih dari 2.500 pelanggan Telkomsel yang berada di 27 provinsi di Indonesia. (antara)

No Comments

    Leave a Reply