Indeks Sinar Ultraviolet di Jakarta Hari Ini Diperkirakan Capai Level Berbahaya

April 25, 2023

BRIEF.ID – Sebagian besar wilayah DKI Jakarta nyaris panas seharian pada beberapa hari terakhir ini. Kondisi itu diperkirakan masih berlangsung hingga hari ini, Selasa (25/4/2023).

Berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  indeks sinar ultraviolet (UV) di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, akan berada di level 8-10 (very high) atau berisiko bahaya sangat tinggi.

Dalam video penjelasan singkat BMKG, indeks UV wilayah Jakarta akan memasuki level 3-5 dengan warna skala kuning atau moderate (risiko bahaya sedang) mulai pukul 09.00 WIB.

“Tingkat bahaya sedang bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung,” tulis penjelasan BMKG.

Mulai memasuki pukul 10.00 WIB, lanjutnya, indeks UV wilayah DKI Jakarta memasuki level 6-7 dengan skala oranye, yang artinya berisiko bahaya tinggi atau high.

“Tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan pelindung untuk menghindari kerusakan mata dan kulit,” tulis BMKG seperti dilansir Kompas.com.

Pada sekitar pukul 11.00-12.00 WIB, indeks UV wilayah DKI Jakarta tertinggi memasuki level 8-10 dengan skala merah yang artinya berisiko bahaya sangat tinggi atau very high.

“Tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak rusak dan terbakar dengan cepat,” tulis BMKG lagi.

No Comments

    Leave a Reply