Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji dan Reguler

April 11, 2023

BRIEF.ID –  PT Angkasa Pura II (AP II) memastikan kesiapan Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat   melayani penerbangan umrah, haji, dan reguler.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa (11/4/2023) mengatakan seluruh fasilitas dan personel di Bandara Kertajati siap melayani penerbangan.

“Bandara Kertajati menyiagakan sekitar 150 personel untuk mendukung operasional dan pelayanan. AP II juga memastikan kesiapan fasilitas utama antara lain dari sisi udara seperti parking stand pesawat, garbarata hingga kendaraan pendukung seperti follow me car dan kendaraan patroli, semua sudah siap menyambut penerbangan umrah, haji, dan reguler,” kata Muhammad.

Ia mengatakan, AP II telah menginformasikan bahwa memasuki minggu kedua April 2023, lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati diramaikan dengan penerbangan umrah Lion Air pada 15 April 2023, penerbangan umrah Garuda Indonesia pada 9 Mei 2023, penerbangan reguler rute internasional oleh AirAsia, yang direncanakan 17 Mei 2023, dan penerbangan haji pada Juni 2023.

Menurut Muhammad,  dalam mendukung aspek keselamatan dan keamanan Bandara Kertajati diperkuat enam kendaraan airport rescue & fire fighting (ARFF), mesin X-ray, explosive detector, walk through metal detector (WMTD), hand held metal detector (HHMD), dan fasilitas lainnya.

Bandara Kertajati dilengkapi runway 3.000×60 meter guna mendukung operasional hingga pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Boeing 777-300 Extended Range yang biasa digunakan untuk penerbangan jarak jauh (long haul) termasuk dalam penerbangan haji dan umrah.

“AP II juga akan bersinergi dengan seluruh stakeholder khususnya maskapai, imigrasi, bea cukai, karantina serta TNI dan Polri untuk memastikan kelancaran penerbangan internasional untuk umrah, haji serta reguler,” ujar Awaluddin.

Sementara itu, Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan terminal penumpang Bandara Kertajati dapat menampung hingga 5,8 juta penumpang per tahun.

“Kapasitas terminal sangat mencukupi untuk mengakomodir penerbangan dengan pesawat wide body yang untuk satu kali penerbangan dapat mengangkut sekitar 300 penumpang. Konter check-in dan boarding lounge sangat memadai untuk melayani penerbangan wide body maupun pesawat berbadan sedang (narrow body),” jelas dia.

AP II juga akan berkoordinasi dengan operator transportasi darat dalam memberikan pilihan moda di Bandara Kertajati, termasuk dari dan menuju Bandung. Sebelumnya, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan beroperasi secara penuh sepanjang 65 kilometer (km) pada akhir Mei 2023 untuk memperkuat aksesibilitas dari Bandung menuju Bandara Kertajati dan sebaliknya. (antara)

No Comments

    Leave a Reply