Traveloka Prediksi  Minat Perjalanan Domestik Naik Tajam Pada  Libur Lebaran 

March 28, 2023

BRIEF.ID – Chief of Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana memprediksi minat masyarakat melakukan perjalanan domestik naik tajam seiring membaiknya perekonomian, menyusul dicabutnya  kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada 30 Desember 2022.

Shirley menyebutkan,  dalam rangka mengisi momentum  libur Lebaran 2023, Traveloka sebagai platform perjalanan  terdepan se-Asia Tenggara  mendukung aktivitas masyarakat dengan cara  berbagi informasi seputar perjalanan wisata, mulai dari pembelian tiket penerbangan domestik, internasional hingga tiket Kereta Api (KA), bus, dan sebagainya.

“Momen libur Lebaran  identik dengan kebersamaan dan berkumpul  keluarga.  Sebagian besar pengguna aplikasi Traveloka  menyatakan   libur Lebaran selain  dimanfaatkan  untuk mudik,  juga  diisi dengan berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia dan mancanegara,” kata Shirley melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Ia menyebutkan, berdasarkan data internal Traveloka,  sebanyak 34% pengguna aplikasi mengaku memiliki preferensi baru tentang  rencana perjalanan  bersama keluarga tercinta, khususnya dalam rangka menyambut libur Lebaran 2023.

Sementara itu,  48% pengguna menyatakan akan akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk  berlibur ke berbagai daerah di Tanah Air dan mengunjungi sejumlah negara.

“Kami mengamati,  tren perjalanan domestik maupun internasional terus meningkat, khususnya pada libur Lebaran 2023. Sebagai penyedia platform perjalanan,  Traveloka menghadirkan layanan komprehensif,  yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan pengguna  merencanakan perjalanan  maupun liburan bersama keluarga,” jelas Shirley.

Disebutkan, berdasarkan hasil  riset internal Traveloka, jumlah pengguna  yang merencanakan  berlibur pada  libur Lebaran 2023 meningkat   hampir dua  kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan  pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang, pada  mudik Lebaran 2023 atau meningkat 14,2% dibandingkan Lebaran 2022,  yang hanya sekitar  85,5 juta orang.

Destinasi Paling Diminati

Shirley  mengungkapkan bahwa Traveloka juga mencatat berbagai destinasi domestik  paling diminati pengguna untuk merayakan libur Lebaran adalah Bali, Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), Padang (Sumatera Barat), dan Yogyakarta.

Destinasi internasional, lanjutnya, terdiri atas  Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang.

“Moda transportasi favorit pengguna untuk  melewatkan libur Lebaran selain pesawat, juga  moda transportasi darat  seperti Kereta Api (KA), bus & shuttle bus, dan mobil pribadi.

Tingginya minat  melakukan perjalanan, lanjut Shirley,  Traveloka menggelar  kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.

Rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay yang diluncurkan pada 7 Maret 2023 bertujuan untuk  mengajak konsumen  mengeksplorasi berbagai cara  mengisi  libur Lebaran, baik perjalanan domestik maupun internasional.  Program ini juga menawarkan diskon hingga Rp 1 juta untuk reservasi  tiket perjalanan domestik dan   Rp 1,75 juta untuk reservasi tiket  internasional. Sedangkan  diskon sebesar  Rp 300.000 untuk reservasi tiket Kereta Api, diskon reservasi bus dan shuttle serta kejutan Flash Sale Ramadan.

Shirley mengatakan, sebagai platform perjalanan digital yang kini hadir di 6 negara di Asia Tenggara, Traveloka terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

“Kami memahami bahwa konsumen memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam. Menyambut libur Lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end  bagi konsumen yang menjadi fokus kami,  juga kesiapan  menghadapi lonjakan traffic pengguna,” kata Shirley.

No Comments

    Leave a Reply